DINAS ENERGI DAN SUMBER DAYA MINERAL PROVINSI SULAWESI BARAT

Mohammad Ali Chandra, SE., M.Si.
Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi Sulawesi Barat

Provinsi Sulawesi Barat memiliki potensi yang sangat besar dalam sektor energi dan sumber daya mineral yang dapat menjadi penggerak utama roda perekonomian di daerah ini. Dari hasil survei, Sulawesi Barat terbukti memiliki cadangan bahan galian yang cukup besar dan beragam untuk dikembangkan, seperti batubara, bijih besi, emas, tembaga, galena, dan mangan. Selain itu, Sulawesi Barat juga memiliki cadangan bahan galian bukan logam seperti zeolit, granit, marmer, pasir kuarsa, dan batugamping, serta mineral radioaktif seperti uranium, thorium, dan migas.

Namun, Sulawesi Barat tidak hanya memiliki potensi energi dari sumber daya mineral, tetapi juga dari sumber energi primer terbarukan. Provinsi ini memiliki 11 alur sungai besar dan anak sungai dengan debit sungai yang sangat potensial untuk dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik tenaga air skala besar dan kecil (PLTA, PLTM, dan PLTMH). Selain itu, Sulawesi Barat juga memiliki potensi untuk mengembangkan tenaga surya, tenaga bayu, dan sumber energi primer terbarukan lainnya.

Dengan potensi yang begitu besar dan beragam di sektor energi dan sumber daya mineral, Sulawesi Barat memiliki peluang besar untuk meningkatkan perekonomiannya. Pengembangan sektor ini tidak hanya akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Sulawesi Barat, tetapi juga akan berdampak positif pada perekonomian nasional. Oleh karena itu, perlu adanya sinergi antara Pemerintah, pengusaha, dan masyarakat dalam mengoptimalkan potensi energi dan sumber daya mineral di Sulawesi Barat.