Admin Penghubung LAPOR Dinas ESDM Sulbar Ikuti Rapat Evaluasi Layanan Pengaduan Publik

Mamuju, 26 Agustus 2025 – Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Sulawesi Barat terus menunjukkan komitmennya dalam mendukung peningkatan kualitas pelayanan publik. Atas arahan Kepala Dinas ESDM Sulbar, Bujaeramy Hassan, perwakilan Dinas ESDM Sulbar, Armawati selaku Admin Penghubung Aplikasi LAPOR, menghadiri Rapat Evaluasi Layanan Pengaduan Aplikasi LAPOR bersama seluruh admin penghubung se-Sulawesi Barat.

Kegiatan evaluasi ini diselenggarakan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Sulbar pada Selasa, 26 Agustus 2025, bertempat di Aula Marasa Corner, Kantor Gubernur Sulawesi Barat. Sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemprov Sulbar turut serta dalam rapat tersebut.

Evaluasi ini dilaksanakan sebagai upaya meningkatkan kualitas pengelolaan pengaduan pelayanan publik sesuai amanat Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik. Melalui aplikasi LAPOR, pemerintah daerah diharapkan dapat mengelola setiap pengaduan masyarakat secara lebih transparan, cepat, akuntabel, serta responsif terhadap kebutuhan publik.

Dalam kesempatan tersebut, Plt. Kepala Dinas Kominfo Sulbar, Muhammad Ridwan Djafar, menekankan pentingnya peran admin penghubung dari setiap OPD untuk merespons pengaduan masyarakat dengan cepat, tepat, dan solutif. Ia juga menegaskan bahwa forum evaluasi ini menjadi momentum penting dalam memperkuat koordinasi antar-OPD, membahas kendala yang dihadapi, sekaligus mencari solusi strategis dalam pengelolaan pengaduan publik.

Lebih lanjut, evaluasi juga menyoroti perlunya coaching clinic, pembinaan teknis, serta peningkatan sosialisasi layanan pengaduan melalui media sosial. Langkah ini diharapkan dapat mendorong partisipasi aktif masyarakat dalam pengawasan serta evaluasi terhadap layanan pemerintah.

Kegiatan ini sejalan dengan Panca Daya visi-misi Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Barat, Suhardi Duka – Salim S. Mengga, khususnya dalam upaya memperkuat tata kelola pemerintahan yang baik dan akuntabel, mewujudkan pelayanan dasar yang berkualitas, serta mendorong transparansi, akuntabilitas, dan inovasi dalam birokrasi dan pelayanan publik.

Dengan adanya evaluasi ini, Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat menegaskan langkah nyata dalam memperkuat tata kelola pelayanan publik yang responsif, terpercaya, dan dekat dengan masyarakat. Kehadiran perwakilan Dinas ESDM Sulbar menjadi bagian dari komitmen bersama untuk menghadirkan pelayanan yang berkualitas, sejalan dengan prinsip pemerintahan yang transparan dan akuntabel.