Friedo Ginting: PLN Senantiasa Memberikan Pelayanan Maksimal kepada PelangganDi Sulawesi Barat

Mamuju, – Dalam acara Sosialisasi Pemutakhiran Data untuk Bantuan Listrik Hemat dan Murah (LHM) yang dilaksanakan oleh Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Sulawesi Barat, Manajer Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) PT. PLN Mamuju yang diwakili oleh Friedo Ginting yang menjadi narasumber dalam acara tersebut menjelaskan kondisi ketenagalistrikan di wilayah Provinsi Sulawesi Barat dihadapan 60 peserta dari unsur Pemerintah Desa dan Kelurahan se Kabupaten Mamuju di Hotel Aflah Mamuju 1 Februari 2024.

Friedo Ginting dalam paparannya menguraikan peran penting PT. PLN dalam mendistribusikan tenaga listrik untuk kepentingan umum, memberikan pelayanan kepada pelanggan, dan menjadi pelopor dalam mendistribusikan listrik ke wilayah yang belum terjangkau oleh PLN.

“Kami memiliki 6 Unit Layanan Pelanggan yang tersebar di seluruh Kabupaten se-Sulbar dan terdapat 22 Unit Layanan ditambah pos-pos jaga yang juga tersebar di semua daerah, kesemuanya untuk mendekatkan pelayanan kepada pelanggan PLN,” jelas Friedo.

Dia juga menambahkan bahwa PT. PLN UP3 Mamuju melayani 356.118 pelanggan PLN di Sulawesi Barat dengan 6 Gardu Induk dan 3.472 Gardu Distribusi. Dia menyoroti bahwa saat ini hanya 23,85% dari kapasitas daya terpasang yang digunakan, ini menunjukkan bahwa ada ruang yang besar untuk pertumbuhan dan pengembangan industri serta kebutuhan listrik yang lebih besar di masa depan.

Pada akhir tahun 2023, rasio elektrifikasi Sulawesi Barat mencapai 98,73% sementara rasio Desa berlistrik telah mencapai 97,07%. Sebanyak 89 lokasi kontrak pekerjaan yang tersebar 7 desa di Kabupaten Mamasa dan 4 Desa di Kabupaten Mamuju yang sudah terpasang listrik PLN pada tahun lalu. Friedo juga menyampaikan rencana kontrak pengerjaan untuk tahun 2024, yang akan melibatkan 34 lokasi kontrak, yang akan dilaksanakan oleh Unit Pelaksana Proyek Ketenagalistrikan (UP2K) Sulawesi Barat.

Friedo juga menginformasikan bahwa PLN telah menyediakan aplikasi mobile untuk memudahkan pelanggan dalam mengakses layanan listrik secara lebih praktis dan efisien. Melalui aplikasi ini, pelanggan dapat mengajukan pengaduan secara online dan melakukan penambahan daya tanpa harus datang langsung ke kantor PLN. PLN juga memiliki berbagai program menarik bagi pelanggan, yang informasinya dapat diperoleh melalui aplikasi tersebut.